Kanopi Kaca Master

Kanopi Kaca Master

Kaca Tempered

Kaca tempered diproduksi melalui proses pemanasan dan pendinginan yang cepat, membuat kaca tempered empat bahkan lima kali lebih kuat dari kaca biasa.

Kaca Tempered merupakan kaca yang diperkeras dengan cara memanaskan kaca float biasa hingga mencapai temperatur sekitar 700° C dan kemudian didinginkan mendadak dengan menyemprotkan udara secara merata pada kedua permukaan kaca.

Dari proses ini maka terjadi perubahan fisik kaca yaitu terjadi perubahan gaya tekan dan gaya tarik pada kaca, tapi secara visual tidak terjadi perubahan. Proses tempered menghilangkan bahaya dari pecahan kaca yang tajam, karena kaca akan menjadi partikel-partikel kecil bila pecah.

Pintu Kaca Tempered Frameless

Karateristik Umum 
  1. Dengan ketebalan yang sama, kekuatan kaca tempered mampu mencapai 3 s/d 5 kali lipat dari kekuatan kaca biasa terhadap beban angin, tekanan air, benturan dan sebagainya.
  2. Terhadap perubahan temperatur yang tinggi dan cepat (thermal shock) maka kaca Tempered memiliki kemampuan 3 kali lebih besar dari kemampuan kaca float biasa. 
  3. Jika pecah, pecahan kaca tempered berbentuk kecil-kecil dan tumpul, sehingga sangat aman bagi manusia (tidak akan melukai manusia).

Penggunaan
  1. Pintu-pintu bebas rangka
  2. Bukaan-bukaan/dinding kaca pada bangunan yang menuntut tingkat keamanan tinggi 
  3. Dinding kaca batas tangga, escalator dan lift.
  4. Furniture dan dekorasi, seperti meja kaca, lemari pajang dan lain-lain 
  5. Kaca-kaca jendela kendaraan bermotor
  6. Penggunaan-penggunaan lain yang memerlukan kekuatan kaca khusus, seperti untuk dinding lapangan squash dan lain-lain. 

Catatan
  1. Karena kaca tempered memiliki keseimbangan yang baik sekali antara tegangan tekan dengan tegangan tariknya, maka kaca tempered tidak boleh diganggu oleh proses-proses lebih lanjut yang dapat membahayakan keseimbangan tersebut, seperti pemotongan, penggosokan tepi, pembuatan lubang dan lain-lain. Semua ukuran dan jenis aksesoris harus sudah dapat ditentukan dengan pasti sebelum kaca Tempered diproses. 
  2. Kaca tempered sulit sekali retak oleh benturan ringan, tetapi akan pecah oleh goresan yg dalam. Dalam hal ini kaca tempered glass tidak langsung pecah, tetapi lambat laun pasti akan pecah. 
  3. Hati-hati kerusakan serius pada tepi atau permukaan kaca, karena akan menjadi sumber kepecahan.
  4. Jika kaca tempered mengalami benturan hingga menghasilkan titik kepecahan, maka titik kepecahan ini akan bergerak keseluruh permukaan kaca dan memecahkan kaca tersebut. Dalam hal ini maka kaca tempered tidak langsung runtuh dengan tiba-tiba.

Subscribe to receive free email updates: