Masternya Pemasangan Kanopi Kaca Indonesia

Masternya Pemasangan Kanopi Kaca Indonesia

Skylight Piramida, Desain Kanopi Kaca Modern Yang menawan

Pada literatur elemen arsitektur, konsep atap kaca disebut skylight. Keberadaannya difungsikan sebagai ventilasi cahaya pada bagian atas bangunan. Pengaplikasian elemen skylight juga akan dapat menambah vista ke dalam ruangan.

Memperkuat unsur pencahayaan dalam rumah dengan teknik skylight atau pencahayaan dalam rumah saat ini juga menjadi sebuah langkah untuk mengubah rumah menjadi tampak lebih indah. Tak hanya itu, pencahayaan yang baik di dalam rumah juga merupakan salah satu upaya dalam penghematan energi listrik.
Kanopi Kaca Skylight Piramida
Desain Kaca Skylight Rumah Klp Gading Untuk memaksimalkan Cahaya Matahari Dalam Ruang

Skylight atau pencahayaan rumah melalui jendela kaca pada atap saat ini banyak diterapkan dalam rumah bergaya urban atau rumah dengan desain minimalis. Teknik ini terbukti mampu memaksimalkan cahaya matahari yang masuk di siang hari sehingga penggunaan lampu dapat ditekan atau lampu hanya berfungsi ketika malam hari saja pada ruangan tersebut.

Pembuatan jendela kaca pada atap rumah ini tentu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Perlu adanya konsep khusus dan tertata agar seluruh ruangan dapat tersinari dengan maksimal.Selain membantu dalam hal pencahayaan dan penghematan energi, teknik pencahayaan melalui atap rumah ini juga dapat menambah kesan cerah dengan suasana yang tenang dan hangat pada ruangan. Dengan ini, nilai estetika dari sebuah ruangan akan lebih terasa tanpa mengeluarkan biaya besar dalam membuat dan sekaligus merawatnya.

Skylight tersedia dalam beberapa bentuk dan ukuran. Bentuk paling umum adalah bentuk persegi, lingkaran, oval, permata, segi tiga, dan berbentuk tabung.Umumnya, skylight yang tidak berbentuk persegi terbuat dari plastik. Namun, skylight dengan kualitas lebih tinggi akan menggunakan kaca. Kaca skylight dapat berbentuk datar, melengkung, kubah, piramida, atau "melengkung pesawat" (datar di sisi rendah dan cekung di bagian sisi yang tinggi). Bentuk piramida, melengkung, dan kubah dapat memberikan Anda keleluasaan dalam memasang skylight.

Atap Kaca Skylight Piramida

Dengan adanya skylight, cahaya matahari bisa bebas masuk ke dalam rumah. Bagian dalam rumah pun akan menjadi lebih terang sehingga dapat meminimalkan penggunaan listrik di pagi hari. Sementara di malam hari, Anda dapat memandang langit tanpa terhalang atap masif.

Skylight yang dipasang miring atau memiliki lengkungan juga dapat memudahkan Anda membersihkannya dari daun. Sementara bentuk skylight yang menyerupai tabung, umumnya lebih kecil dari berbagai jenis skylight lainnya. Namun, bentuk tabung tetap memiliki keunggulan yang sama dengan bentuk skylight yang memiliki penampang lebih luas. Bentuk tabung mengurangi panasnya terik matahari di siang hari. Selain itu, ukurannya yang cenderung lebih kecil juga mampu mudah bekerja sama dengan arsitektur hunian.

Skylight berbentuk piramid dapat diterapkan pada area yang tidak hanya membutuhkan naungan yang besar tetapi juga menginginkan pencahayaan secara alami, seperti pada atrium, teras dalam, lorong, dan tempat perlindungan dari cuaca lainnya.
Kanopi Kaca Skylight Piramida
Desain Kanopi Skylight Masjid Baiturrahman Alam Sutra Menciptakan Area Sholat yang Lapang

Di negara beriklim tropis seperti Indonesia. skylight mulai banyak diterapkan pada pembangunan rumah-rumah bergaya modern. Material kaca tempered atau laminated umumnya digunakan sebagai penutup atapnya. Ini antara lain agar cahaya masuk lebih banyak ke dalam ruangan, sekaligus memberi tambahan pemandangan pada ruangan.

Disarankan kaca yang digunakan sebagai material skylight windows adalah kaca khusus yang didesain untuk menahan beban di ketinggian dan aman dari resiko terburuk "jatuh atau mengalami kerusakan". Kaca khusus yang disarankan adalah jenis kaca tempered atau kaca laminated.

Kaca tempered adalah kaca yang telah melalui suatu proses pemanasan hingga pada tingkat suhu tertentu dan kemudian didinginkan seketika, sehingga menghasilkan kaca yang mempunyai kekuatan dan kelenturan yang baik terhadap tekanan pada kedua sisi permukaaan kaca. Kaca tempered memiliki kekuatan dan kelenturan 5 x lebih baik dari pada kaca biasa dengan ketebalan yang sama.

Kaca tempered ketika pecah, tepi kaca tidak tajam tetapi tumpul, sehingga dapat mengurangi resiko cedera serius pada korbannya. Sedangkan kaca Laminated adalah lembaran kaca yang terdiri dari 2 lapisan kaca yang direkatkan, sehingga dapat berfungsi untuk mencegah kemungkinan jatuh atau hancurnya kaca akibat benturan pada salah satu sisinya. Kaca laminated biasanya digunakan untuk skylight karena sifatnya yang dapat meredam sinar UV, tetapi dapat juga digunakan untuk partisi dinding kaca suatu ruangan, misalnya studio musik karena sifatnya yang kedap suara.


Subscribe to receive free email updates: